Kamis, 03 November 2011

salah satu motif kain indonesia


Motif kain orang Indonesia sangat beragam sebagaimana memang digambarkan oleh keheterogenan masyarakatnya atas suku, agama, dan berbagai kelas sosial mulai dari kelas ekonomi hingga pembagian tenaga kerja secara sosial (division of labor). Dalam hal ini, kita mengenal motif batik misalnya yang merupakan sebuah tradisi motif pakaian yang terkenal hingga ke berbagai penjuru dunia. Batik dikenal secara umum berasal dari kriya tekstil penduduk di kawasan pulau Jawa, baik yang berada di kawasan pedalaman maupun yang berada di kawasan pesisir pantai. Motif batik sendiri sangat beragam.
Keragaman ornamentasi batik saja misalnya, sudah sangat tinggi. Sebagai sebuah kawasan kepulauan yang terdiri dari populasi ratusan suku bangsa, maka Indonesia memiliki berbagai ornamentasi motif pakaian yang luar biasa kuantitasnya. Sebut saja songket, ulos, dan berabagai motif pakaian lainnya.


Maka dari itu,kita sebagai warga Indonesia harus bisa melestarikan budaya dan kesenian negeri kita!!

Salah sat motif kain Indonesia 

1.motif kain batik indramayu




Motif batik tulis asli produksi pengrajin batik tulis di Kelurahan Paoman atau disebut Batik Paoman Kecamatan dan Kabupaten Indramayu itu diantaranya  motif batik Merak Menari, Kembang Boled, Perahu Karam dan Kembang Gunda serta Bunga Kapas.
Kolektor batik tulis ataupun pedagang batik tulis yang menyambangi Kota Indramayu  biasanya akan mencari sekaligus memborong motif-motif batik tulis Paoman asli produksi pengrajin Indramayu itu, karena motif-motif batik tulis tersebut merupakan motif asli yang hanya dibuat para pengrajin batik tulis Indramayu.
“Sebenarnya masih banyak motif batik tulis lain hasil modifikasi para pengrajin batik tulis. Namun kebanyakan kolektor maupun pedagang batik tulis dari laur daerah itu lebih menyukai motif batik tulis tersebut,”
Mengenai harga jual batik tulis  Paoman, katanya bervariasi menurut kualitas kain atau mori yang dibuat serta kerapihan dalam menuangkan malam semacam lilin ke atas kain. Semakin rapih mengerjakan batik tulis itu harganya semakin mahal. Untuk kain batik biasa harganya sekitar  Rp125 ribu hingga Rp260 ribu per kain.
Untuk batik tulis asli Paoman kualitas utama, harganya lebih mahal lagi. Mencapai jutaan rupiah per lembar. Konsumen batik tulis Paoman kualitas nomor satu itu biasanya terdiri dari kalangan menangah ke atas. .-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar